Press "Enter" to skip to content

12 Cara Ternak Ayam Jawa Super Pola HCS Bag.2 ( Selesai )

Sabung Ayam OnlineBandarsabung.com akan melanjutkan membahas perihal Ayam jawa super ( JOPER ) disebut juga dengan ayam kampung super. Berikut bagian 2 akhir silakan di simak guys…

7. Bahan Pakan Fermentasi

Beberapa bahan – bahan yang harus disiapkan : 40 % tepung jagung, 30 % dedak halus atau bekatul, 10 % tepung ikan, 10 % tepung daun pepaya, 10 % tepung tulang, Suplemen Organik Cair ( SOC ) botol per 100 kg pakan, 5 sdm gula pasir.

8. Cara Membuat Pakan Fermentasi

Cara pembuatan pakan fermentasi, seperti berikut ini : Campurkan SOC dan gula pasir lalu diaduk sampai larut dan didiamkan sekitar 10 – 15 menit. Kemudian bahan – bahan yang sudah disebutkan dicampurkan ke dalam larutannya, aduk lagi hingga merata dan basah menggumpal.

Larutan yang sudah diaduk rata semua dan basah menggumpal itu dimasukkan ke dalam tong besar dan ditutup selama 24 jam dengan menggunakan plastik. Pada proses ini mikroorganisme di dalamnya akan bekerja selama fermentasi berlangsung, dengan melipat – gandakan kandungan vitamin dan nutrisi di dalam pakan.

Setelah ditutup semalaman, buka tutupnya dengan dibiarkan terbuka sampai suhu hangatnya normal kembali, kemudian bisa diberikan pakan penuh gizi ini kepada ayam jawa supernya.

9. Berikan Multivitamin Agar Tetap Sehat

Agar kondisi ayam tetap sehat dan prima, berikut adalah beberapa caranya : Ayam yang berumur 1 hari diberikan air gula dan Vita Chick ( Neo Meditril ) yang bermanfaat untuk mengatasi stress dan ayampun akan semakin kuat, Ayam yang berumur 4 – 6 hari bisa diberikan Vita Chick ( Vita Stress ),

yang bermanfaat untuk mencegah ayam stress serta memacu ayam dalam pertumbuhannya, Ayam yang berumur 12 – 13 hari, 22 – 24 hari, bahkan yang sudah berumur 30 – 33 hari juga diberi Vita Stress ( Fortevit ) bermanfaat mencegah stres dan dapat memacu pertumbuhan ayam jawa super dengan sangat bagus.

10. Menangani Penyakit pada Ayam

Beberapa cara untuk mencegah dan menangani penyakit pada ayam, seperti : Sirkulasi udara di dalam kandang harus di atur terlebih dahulu, Jangan ada genangan air di dalam sekitar kandang karena akan menjadi sarang penyakit, Jika sudah terkena penyakit, maka langsung diobati dengan sesuai anjurannya,

Obat dari beberapa penyakit ayam joper bisa didapatkan di beberapa toko unggas, tetapi tidak semua penyakit bisa diobati. Jika tidak ada obatnya, maka disarankan untuk memisahkan ayam yang sedang kurang sehat agar tetap bisa diberikan perawatan dan pakan yang baik, serta tidak menularkannya kepada ayam lain.

11. Pemeliharaan Ayam Kampung Super

Dengan mengontrol selalu kebersihan di dalam kandang, pemberian pakan, vaksinasi ayam joper salah satu cara manajemen pemeliharaan hewan sejenis ayam kampung super. Rutin dalam membersihkan kandang, dan pemenuhan pakannya.

Sebaiknya sebagian ayam joper ini harus dilihat perkembangannya dengan menimbang bobotnya minimal seminggu sekali gunanya untuk mengetahui apakah pakan yang telah diberikan sudah bekerja dengan baik atau belum ?

12. Masa Panen

Tahap yang sangat dinantikan oleh peternak. Ayam yang akan dipanen biasanya sudah memasuki umur 6 minggu, dengan berat rata – ratanya 0,7 – 0,9 kg, jika masih terus dalam pemeliharaan maka beratnya bertambah menjadi 0,9 – 11 kg. Timbang dengan benar sebelum dipanen.

Informasi diatas merupakan cara Ayam jawa super ( JOPER ) yang mudah yang bandarsabung.com rangkum bagian akhir,dapat langsung Anda praktikkan, semoga bermanfaat

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.