Press "Enter" to skip to content

Bahaya Penyakit Gumboro pada Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Penyakit Gumboro yang dapat menyerang ayam aduan ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Infectious Bursal Disease (IBD).

Virus ini umunya menyerang anak ayam usia satu sampai dua puluh lima hari, penyakit yang menyerang bursa fabricii atau kelenjar bulat pada ayam yang terletak diatas kloaka. Penyakit Gumboro adalah penyakit yang bertahap dan tidak langsung mengalami kematian. Kematian yang terjadi berkisar 2-5% setelah 3 hari terlihat gejala. Penyakit ini sangat menular dan hanya menyerang anak-anak ayam.

Gejala-Gejala Penyakit Gumboro pada Ayam Aduan:

  1. Ayam tampak lesu dan kurang nafsu makan, ayam mengasingkan diri dari ayam yang sehat cenderung berada di pojok kandangnya.
  2. Mata lebih banyak terpejam dan bulunya agak kusut.
  3. kotoran ayam yang terjangkit penyakut gumboro akan berwarna putih bening dengan struktur lengket dan cair. Sekitar dubur akan tampak lebih kotor dari normalnya dan terus menerus mematuk duburnya.
  4. Terjadi demam pada ayam dan pada suhu badan ayam semakin tinggi akan menyebabkan ayam kejang-kejang.

Fungsi Bursa Fabricius
Bursa fabricius merupakan organ limfoid primer yang mempunyai fungsi sebagai tempat pematangan dan diferensiasi bagi sel dari sistem pembentuk antibodi. Ini adalah kelenjar yang berbentuk bulat, terletak di atas kloaka. Bursa fabricius sudah terbentuk pada saat telur ayam menetas dan lama kelamaan semakin besar juga mempunyai batas maksimum tertentu.

Pada umur 12-16 minggu bursa fabricius akan mulai mengecil dan selanjutnya menghilang jika keadaaan normal. Bursa ini akan menghilang sama sekali setelah ayam dewasa. Ayam dewasa sudah tidak lagi membutuhkan bursa, karena fungsi bursa dalam membentuk zat antibody telah dapat diambil alih oleh sistem kekebalan lain yang telah berkembang dengan sempurna.

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Gumboro pada Ayam Aduan
Penyakit ini belum ada obatnya, karena itu perlu dilakukan usaha pencegahan dengan cara vaksinasi pada ayam sebelum umur 20 hari. yang berarti pemberikan vaksinasi dilakukan satu sampai lima belas hari. Vaksin gumboro dapat diberikan dalam air minum atau disuntikkan di bawah kulit. Hasil dari vaksinasi tersebut umumnya membutuhkan 3-6 hari untuk memperoleh kekebalan.

Demikianlah ulasan mengenai Bahaya Penyakit Gumboro pada Ayam Aduan yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kesayangan anda. Salam hangat Sabung Ayam Online.

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.