Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok Murah dan Bernutrisi

Sabung Ayam Online – Setiap para peternak atau penggemar ayam pasti mengingkan ayamnya memiliki kualitas sebagai ayam aduan terbaik untuk menang di arena sabung ayam. Untuk itu ayam aduan memerlukan pakan yang berkualitas juga sebagai sumber giziya.

Namun pakan ayam yang berkualitas tentunya lebih mahal dibanding pakan yang biasa. Untuk itu kami akan membahas mengenai cara membuat pakan ayam bangkok yang murah namun tetap bernutrisi tinggi untuk ayam aduan kesayangan anda.

Secara umum kompisisi utama untuk membuat pakan ayam harus memiliki kandungam protein untuk membantu meningkatkan bobot ayam. Ada beberapa alternatif sumber pakan yang bisa dibuat sebagai pakan ayam, seperti:
1. Dedak Padi, mengandung 11 – 12% serat dan asam amino
2. Singkong, mengandung lebih dari 20% kandungan energi untuk menjaga metabolisme
4. Pollard atau Dedak Gandum, mengandung 15% protein, dan 7 – 9% serat
5. Minyak Ikan, mengandung energi metabolisme yang tinggi sekitar 7.000 – 8.000 kkal/kg

Cara membuat pakan ayam bangkok yang alami dan murah sangat mudah bagi anda yang tinggal didaerah perindustrian seperti penggilingan pagi, tahu, tempe, industri rumah lainnya. Ampas dari bahan baku tersebut sangat bermanfaat untuk membuat pakan ayam bangkok.

Bukan hanya ampas dari industri rumahan tersebut, sayuran yang dibuang (seperti batang sayur) juga sangat berguna untuk menjadi sumber pakan ayam bangkok.

Untuk para penggemar atau penghobi sabung ayam, ampas tersebut bisa dicampurkan dengan pakan ayam bangkok lain sehingga bisa memadukan nilai gizi untuk ayam kesayangan anda. Untuk membuatnya siapkan beberapa bahan seperti:
– Dedak
– Ampas Tahu
– Ampas Tempe
– Ampas Singkong
– Sisa Sayur Hijau
– ½ kg Tepung Tapioka
– 100 gr Garam Halus
– Minyak Ikan
– Air Bersih

Cara membuat pakan ayam bangkok dengan murah dan bernutrisi sangatlah muda. Pertama campurkan seluruh bahan ke dalam satu wadah besar, lalu aduk hingga merata sampai seluruh bahan larut.

Setelah di aduk dengan rata, letakan wadah besar di atas kompor atau tungku perapian hingga adoanan mencair atau encer. Biarkan adonan dipanaskan di atas kompor hingga mencair dan adonan mengental menyerupai bubur. Dalam proses ini jangan biarkan adonan mengering, namun tetap aduk adonan agar tidak gosong.

Dalam beberapa menit, adonan yang diaduk akan menyerupai bubur kental dan kandungan air akan hilang. Namun dalam proses ini tetap terus aduk adonan di atas tungku api atau kompor hingga adonan menjadi kental atau padat. Satu hal yang perlu diperhatikan, terus aduk adonan dan jangan dibiarkan karena adonan bisa menjadi hangus / gosong.

Jika adonan sudah kental / padat, dinginkan adonan agar sesuai dengan suhu ruangan lalu cetak adonan dengan ukuran 3cm x 3cm. Jemur adonan ini dengan bantuan sinar matahari hingga kering dan simpan adonan ke dalam toples yang ditutup rapat.

Berikan pakan ini kepada ayam bangkok atau ayam aduan kesayangan anda setiap hari secara teratur pada jam makannya. Untuk memberikannya tambahkan sedikit air ke pakan agar menjadi lembek dan tidak terlalu encer. Jika anda ingin memberikan tambahan pakan lain juga dipersilahkan untuk memenuhi kebutuhan energi ayam aduan kesayangan anda.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok Murah dan Bernutrisi yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kesayangan anda. Salam hangat Sabung Ayam Online.

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.