Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Pakan Ayam Dari Ampas Tahu

Sabung Ayam Online – Dengan berjalannya waktu, biaya produksi ternak Ayam atau budidaya unggas lainya juga semakin meningkat.

Bahkan untuk pakan ternak Ayam sendiri membutuhkan biaya hingga 80% dari biaya produksi.

Dengan ini, maka berbagai cara terus dilakukan untuk membuat pakan alternatif untuk Ayam agar bisa menghemat biaya pakan ternak Ayam seperti salah satunya menggunakan ampas tahu.

Ampas tahu dipilih karena mengandung nilai gizi bagus untuk Ayam aduan. Selain itu, harga per kg ampas tahu juga sangat terjangkau yakni antara seribu hingga 2 ribu rupiah saja.

Dalam ampas mengandung energi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C yang semuanya sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan Ayam aduan.

Dengan menggunakan ampas tahu sebagai pakan alternatif Ayam aduan, maka sudah cukup baik untuk mengurangi biaya sekaligus meningkatkan efisiensi produksi serta keuntungan dalam budidaya Ayam.

Untuk beberapa cara membuat pakan Ayam dari ampas tahu akan kami jelaskan secara lengkap dalam artikel kali ini sebagai referensi membuat pakan alternatif untuk anda.

Pakan Ayam Ampas Tahu
Pembuatan pakan ayam dari ampas tahu ini bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam ampas tahu sehingga bisa dibentuk menyerupai pelet.

Untuk prosesnya sendiri membutuhkan waktu hingga seminggu dan bisa ditambahkan dengan probiotik agar lebih sehat sekaligus meningkatkan imun ikan lele sehingga tidak mudah diserang penyakit yang cocok diberikan untuk cara ternak lele dumbo.

Siapkan 5 kg ampas tahu, 6 kg bekatul, 4 kg tepung jagung, 1.5 kg tepung ikan, 0.5 liter EM4, 20 butir minyak ikan, 2 bungkus suplemen vitamin dan air bersih.
Campur semua bahan membentuk adonan kue sehingga mudah dicetak.
Diamkan selama 5 hingga 7 hari untuk proses fermentasi.
Keringkan adonan yang sudah dicetak kemudian jemur dan keringkan agar tidak berjamur dan lebih tahan lama.
Pelet ayam siap untuk digunakan.
Ampas Tahu Campuran
Ampas tahu juga bisa ditambahkan dengan beberapa bahan lain yang juga sangat baik untuk diberikan sebagai pakan alternatif cara ternak ayam organik.

Siapkan 25 kg ampas tahu, 25 kg dedak halus, 5 kg tepung ikan, 5 liter tetes tebu atau molases, 1000 ml probiotik EM4 perikanan dan juga 10 sendok makan ragi tempe.
Campur semua bahan hingga rata dan masukkan dalam drum yang diberi lubang udara memakai selang untuk mengalirkan udara atau gas.
Tutup bagian ujungnya namun jangan terlalu rapat agar oksigen masih bisa masuk.
Diamkan selama 4 hingga 5 hari untuk proses fermentasi dan siap untuk digunakan.
Ampas Tahu dan Campuran Tepung
Beberapa jenis tepung seperti tepung kedelai, tepung ikan dan juga tepung jagung juga sangat baik dicampur dengan ampas tahu yang nantinya bisa digunakan sebagai pakan alternatif ayam.

Siapkan 25 kg ampas tahu, 30 kg tepung ikan, 30 kg tepung kedelai, 40 kg tepung jagung, ikan asin secukupnya, daun pepaya segar dan juga ragi tempe.
Campur semua tepung dan ampas tahu hingga rata kemudian tambahkan dengan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang kalis.
Tutup wadah dan diamkan selama kurang lebih 12 jam.
Campur adonan tersebut dengan ikan asin dan daun pepaya yang sudah dihaluskan dan cetak memakai mesin pelet.
Jemur sampai kering dan bisa diberikan langsung sebagai pakan ayam.
Ampas Tahu dan Ikan Rucah
Ikn rucah atau ikan kecil tangkapan nelayan yang tidak layak konsumsi juga bisa digunakan sebagai pakan ampas tahu ayam yang juga bisa mengurangi biaya produksi.

Sebelum digunakan, ikan rucah ini sebaiknya dicuci hingga bersih dan dicincang agar lebih lunak dan mudah dimakan oleh Ayam yang tepat diberikan untuk budidaya ayam organik di kandang.

Siapkan 25 kg ampas tahu lalu peras hingga 60% kandungan air dalam ampas tahu bisa hilang.
Tambahkan dengan cacahan ikan rucah, probiotik, tepung ikan dan juga tepung jagung secukupnya hingga menjadi adonan kalis seperti ketika membuat kue.
Bentuk dengan alat membuat pelet dan jemur dibawah matahari hingga kering.
Pakan Ayam alternatif ini sudah bisa digunakan.
Ampas Tahu dan Limbah Peternakan Unggas
Peternakan unggas umumnya akan menghasilkan limbah yang bisa digunakan kembali sebagai pakan tambahan Ayam aduan dan cocok dikombinasikan dengan ampas tahu.

Limbah peternakan berupa unggas yang sudah mati ini bisa menekan pengeluaran pakan ayam sebab bisa didapatkan secara gratis dan meski harus membeli maka harganya sangat murah yang juga tepat digunakan dalam cara ternak ayam di daerah dingin.

Limbah peternakan yang digunakan hanyalah unggas yang baru saja mati dan bukan yang sudah mati melebihi dari 12 jam yang kemudian direbus sebelum dicampur dengan ampas tahu.

Sesudah bangkai unggas direbus, maka dilanjutkan dengan membersihkan bulu kemudian dihaluskan dan dicampur dengan ampas tahu. Sesudah itu, tambahkan dengan tepung jagung secukupnya dan bentuk menyerupai pelet yang kemudian dijemur hingga kering dan siap untuk diberikan sebagai pakan Ayam

Bersambung ..

Demikianlah ulasan mengenai Cara Membuat Pakan Ayam Dari Ampas Tahu yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kesayangan anda. Salam hangat

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.