Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Pakan Ternak Ayam Organik Bag.2 versi Bandarsabung.com

Sabung Ayam Online – Kembali berjumpa pembaca setia bandarsabung.com jumpa lagi dengan penulis yang dengan senang hati dan bersemangat membagikan wawasan seputar hewan ternak dan segala perawatannya. Tentunya penulis sellau berharap wawasan yang penulis bagikan dapat bermanfaat untuk memaksimalkan perawatan hewan kesayangan sobat sehari hari.

Nah sobat, pakan ayam bukan hanya bisa diberli atau tersedia di pasaran, namun sobat dapat membuatnya sendiri, selain berkualitas karena bahan bahan disediakan langsung oleh sobat, membuat pakan ayam secara mandiri juga akan menghemat pengeluaran dan tentunya memberikan wawasan yang lebih untuk sobat. Berikut alernatif 13 cara membuat pakan ternak ayam organik Bag.2 sebagai cara untuk memaksimalkan kualitas ternak:

7. Syarat Efektifitas

Agar pakan organik dapat berfungsi dengan maksimal dan terjamin kualitasnya, bahan bahan yang digunakan harus berkualitas dan bebas basi. Semua komposisi harus pas mulai dari bahan dasar hingga airnya, semua proses juga harus dilakukan dengan benar dan terjamin kebersihannya.

8. Pakan Organik Berbentuk Tepung

Pakan organik selain berbentuk setengah kering seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, dapat juga dibentuk menjadi hasil akhir tepung sehingga memiliki kemampuan untuk bertahan lebih lama, caranya hampir sama yakni menggiling semua bahan baku menjadi tepung dan diaduk hingga rata, bahan tersebut dapat langsung diberikan dan disajikan.

9. Pakan Ayam Organik Berbentuk Butiran

Pakan ternak ayam organik dapat juga dibentuk butiran pecah, caranya yakni bahan baku digiling dan diaduk hingga tercampur rata, bahan dikukus atau diuap hingga panas 80 sd 90, selanjutnya diaduk dalam ayakan berlubang sambil ditekan sehingga butiran berjatuhan. Butiran tersebut dijemur hingga kering dan dapat segera disajikan.

10. Pakan Ayam Organik Berbentuk Pellet

Pilihan yang terakhir ialah menjadikan pakan ternak ayam organik berbentuk pellet, caranya ialah dengan menggiling dan mengaduk bahan baku hingga rata kemudian dikukus hingga panas 90, setelah itu dimasukkan ke dalam gilingan daging sehingga keluar berbentuk memanjang, potong dan jemur hingga kering dan pellet organik siap diberikan pada ayam.

11. Kualitas Air

Air yang digunakan dlam pembuatan pakan ayam organik ialah air yang berkualitas air, air yang digunakan bebas dari bahan kimia atau chlorin, jika sobat menggunakan air yang berasal dari PDAM dan mengandung chlorin, sebelumnya harus diendapkan chlorinnya terlebih dahulu selama 2 malam baru digunakan untuk pembuatan pakan.

12. Evaluasi Hasil

Lakukan ealuasi hasil pada pakan ayam organik yang sobat buat, yai memiliki tekstur sesuai yang diinginkan, baik itu setengah kering, butiran, pellet, dsb. Hasil yang baik adalah yang memiliki bentuk sesuai yang diharapkan dan tidak memiliki bau yang menyengat sehingga dapat menjadi pakan untuk ayam yang berkualitas.

13. Cara Pemberian Pakan

Pakan ayam ternak organik diberikan secara berkala, jika sebelumnya ayam mendapatkan pakan lain, maka ayam harus diberikan pakan bervariasi, tidak langsung sepenuhnya diberikan pakan organik, lakukan evaluasi apakan ayam cocok menggunakan pakan tersebut atau tidak, jika pertumbuhan meningkat dan tidak ada masalah, tandanya pemberian pakan dapat dilanjutnya.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat pembaca dan dapat menjadi motivasi serta panduan untuk menciptakan hasil ternak ayam yang lebih berkualitas. Akhir kata penulis ucapkan Terima kasih. Salam Bandarsabung.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.