Press "Enter" to skip to content

Cara Merawat Ayam Aduan Usai Diadu di Arena Sabung Ayam

Sabung Ayam Online – Ayam aduan yang diadu di arena sabung ayam pasti memiliki luka baik besar ataupun kecil. Pertarungan di arena sabung ayam pasti menyebabkan luka baik bagi ayam yang menang atau ayam yang kalah. Jenis luka pada ayam aduanpun bisa berupa lecet biasa atau juga luka kritis yang bisa membahayakan nyawa ayam. Untuk itu penting bagi setiap para penghobi ayam untuk mengetahui cara yang tepat merawat ayam aduan yang usai diadu di arena sabung ayam.

Pertolongan pertama yang dapat diberikan setelah ayam diadu atau diabar adalah:
1. Bersihkan seluruh tubuh ayam, termasuk bagian tenggorokannya yang biasa terdapat lendir dan darah
2. Mandikan ayam hinggga bersih dari noda darah
3. Keringkan seluruh tubuh ayam dengan menggunakan kain yang halus
4. Jangan menggosok luka pada tubuh ayam karena akan menyebabkan luka semakin infeksi
5. Berikan ayam minum dengan menggunakan perasan kain atau spons
5. Oleskan salep antiseptik pada luka ayam seperti betadine atau obat merah. (Beberapa botoh tua memberikan cabai merah atau cabai rawit untuk membantu mempercepat pemulihan pada luka)

Setelah melakukan pertolongan pertama, perhatikan juga bagian tubuh ayam yang sakit seperti memar atau bengkak. Berikan obat anti radang selama tiga hari secara rutin dan teratur. Berikan sesuai dengan dosis yang teratur setiap harinya.

Ayam bangkok yang mengalami luka letakkan ayam didalam kandang dan biarkan ayam beristirahat total. Ayam yang kalah biasanya mengalami turun mental sehingga biarkan ayam untuk kembali beritirahat hingga kondisi mentalnya kembali seperti semula.

Jika sudah lewat tiga hari dan ayam masih terlihat sakit dan lemas, berikan tambahan suplemen atau jamu yang bisa menambah energi ayam. Namun jika anda kesulitan dan tidak memiliki cukup waktu, anda bisa memberikan Hemaviton kapsul untuk ayam aduan anda setiap hari sesuai dosis yang tepat.

Pantau dan tetap terus perhatikan perkembangan ayam aduan anda setiap harinya selama beberapa hari kedepan. Berikut ini adalah poin poin yang perlu diperhatikan untuk merawat ayam aduan setelah bertanding:
– Cek keadaan ayam setiap hari selama 10 hari berturut turut
– Lakukan pengobatan secara rutin dan teratur
– Jangan biarkan ayam didalam kandang terus menerus. Ayam yang sakit harus di mandikan dan di jemur setiap hari agar tubuhnya tetap segar

Demikianlah ulasan mengenai Cara Merawat Ayam Aduan Usai Diadu di Arena Sabung Ayam yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kesayangan anda. Salam hangat Sabung Ayam Online.

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.