Press "Enter" to skip to content

Tips Mengobati Kutu Pada Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Bagi para penghobi ayam pasti merasa geram jika ada kutu di ayam kesayangan kita. Kutu membuat ayam kita merasa gelisah, kutu ini biasanya terdapat pada bagian bulu ayam dan bersembunyi disana. Kutu juga mempunyai dampak negatif pada ayam aduan anda yang bisa menyebabkan ayam anda gatal-gatal dan juga dapat menyebabkan ayam stres dan mati. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan membahas tips mengobati kutu pada ayam aduan.

Anda sebagai penghobi ayam mungkin akan sangat mengesalkan jika ayam kesayangan anda memiliki kutu ditubuhnya. Kutu bisa jadi sulit jika sudah berada pada ayam betina yang sedang mengerami telurnya. Kutu yang menyerang ayam betina yang sedang mengerami biasa disebut dengan nama Gurem. Gurem merupakan jenis tungau yang menyerang ayam aduan.

Indukan ayam betina biasanya akan mulai mengerami telurnya pada saat betina tersebut sudah bertelur sekitar 7-12 butir. Umumnya peternak ayam membuat pengeraman telur secara normal yang dierami oleh induk betina. Hal ini karena pengeraman tersebut dianggap lebih efisien dan juga lebih mudah. Anak ayam yang menetas dari pengeraman secara alami oleh induk betina biasanya mempunyai hasil yang lebih baik dibandingkan dengan penetasan ayam dengan cara teknologi.

Tips Mengobati Kutu Pada Ayam Aduan

Pada siang hari, gurem biasanya ngumpet dan bertelur di sekitar kandang. Dan pada malam harinya mereka akan mengerubuti ayam aduan yang sedang mengerami telurnya. Kutu ayam biasanya berdampak negatif bagi induk ayam betina karena kutu tersebut biasanya menghisap sari makanan yang di konsumsi oleh induk betina.

Gurem juga menjadi makhluk kecil bagi ayam yang sangat merugikan yang dapat mengganggu kenyamanan ayam aduan dalam beraktivitas dan juga mengerami telurnya. Tubuh ayam aduan yang terdapat gurem akan terasa gatal dan ayam itu tidak merasa nyaman untuk melakukan pengeraman terhadap telurnya.

Gejala awal ayam yang terkena kutu :
Ayam akan merasa gatal pada posisi bagian bulu ekor, kalau geram sudah menjadi banyak, maka ayam tersebut akan merasakan gatal pada seluruh tubuh.

Penanganan terhadap Gurem :

  • Metode Fisis : Jerami atau tempat mengeram disarankan untuk selalu baru dan sebelumnya telah di jemur dibawah sinar matahari.
  • Mekanis : Dengan membakar jerami yang akan ditempati oleh geram setelah itu diberikan pestisida
  • Kimiawi : Menggunakan coumaphos 0,25 sebanyak 0,8-1 galon untuk 100 ekor ayam dan dengan cara disemprot

 

Demikian ulasan mengenai Tips Mengobati Kutu Pada Ayam Aduan, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.